MATERI KELAS 11 SEMESTER 2 TH.2007/2008
Menggunakan Program pengolah angka
Materi Pokok / Kompetensi Dasar :
1. Menjalankan Program Excel
2. Layar Editor Program Excel
3. Mengatur lembar kerja Excel.
Undang-undang ITE
MICROSOFT EXCEL
A. ELEMEN-ELEMEN DASAR JENDELA KERJA MICROSOFT EXCEL
1. Baris Judul (Tittle Bar), bagian ini berisi nama file dan nama program aplikasi yang sedang kita aktifkan.
2.
Baris Menu (Menu Bar), bagian ini berisi barisan perintah berupa menu,
seperti menu File, Edit, View, Insert, Format, Tools, Data, Window dan
Help.
3. Baris Toolbars (Toolbars), bagian ini berisi
tombol-tombol yang digunakan untuk menjalankan suatu perintah dengan
cepat dan mudah, khususnya perintah-perintah yang sering digunakan.
4. Tombol Ukuran (Sizing Button), bagian ini berisi tombol-tombol untuk mengatur ukuran jendela kerja Microsoft Excel.
5.
Task Pane, bagian ini merupakan bagian yang akan membantu kita pada
saat mwnyunting (mengedit) lembar kerja. Jendela task Pane ini akakn
ditampilkan secara otomatis dan isinya menyesuaikan dengan pekerjaan
yang sedang kita lakukan.
6. Baris Penggulung Tegak (Vertical Scroll Bar), bagian ini ditujukan untuk menggeser layar ke atas atau ke bawah.
7. Baris Penggulung Mendatar (Horizontal Scroll Bar), bagian ini ditujukan untuk menggeser layar ke kanan atau ke kiri.
8. Baris Rumus (Formula Bar), bagian ini akan menampilkan informasi mengenai isi sel yang sedang aktif di lembar kerja.
B. Kegunaan Microsoft Excel
• Membuat tabel
• Membuat grafik
• Penghitungan rumus
• Membuat daftar gaji
• Laporan keuangan
• Dan lain-lain.
C. Langkah-langkah Menggunakan Microsoft Excel
• Buka Ms.Excel
start → All programs → Microsoft Excel
• Tentukan Page Setup
Jika di cetak sesuai dengan kertas yang kita inginkan
• Tentukan Jenis dan ukuran Huruf
yang akan digunakan
D. WORKSHEET (Lembar Kerja) Microsoft Excel
1. Workbook
terdiri dari 1 - 255 SHEET
2. Sheet/ Worksheet
terdiri dari:
☻256 KOLOM diwakili oleh huruf (A, B, C,…, AA,…,IV)
☻65536 BARIS diwakili oleh angka (1, 2, 3, …, 65536)
3. Column/ Judul Kolom
Kolom terdiri dari A – IV ,
lebar kolom maksimal 255.
4. Row/ Judul Baris
Baris terdiri dari 1 – 65536,
lebar baris maksimal 409.
5. Cell/ Sel
Pertemuan antar kolom
dengan baris.
Misal : B1 berarti kolom B dan baris ke-1
6. Range/ sekumpulan sel/ cell group
Misal: D2:D8, F2:G4, dan sebagainya.
7. Sel Aktif
Sel yang ditunjuk oleh pointer
8. Alamat Sel, ada 3 macam:
☻ Relative/ Sel Bebas
Contoh: A1, A1:B5
☻ Semi Absolut
Contoh: $A1, A$1
☻ Absolut
Contoh: $A$1, $A$1:$B$5
E. OPERATOR MATEMATIK
OPERATOR MATEMATIK
SIMBOL
KEGUNAAN
CONTOH PENGGUNAAN
^
Pemangkatan
5^2
B2^2
B2^C2
*
Perkalian
10*5
A1*5
A1*B1
/
Pembagian
30/5
C2/5
C2/D2
+
Penambahan
15+24
A5+24
A5+B5
-
Pengurangan
160-20
D2-20
D2-E2
SOAL!
1. Buatlah grafik pie dari data-data dibawah ini menggunakan Ms. Excel!
DAFTAR KELULUSAN SISWA SD MAJUTERUS
TAHUN
Th1997
Th1998
Th1999
Th2000
Th2001
Th2002
JUMLAH
15
20
30
56
89
70
2. Hitunglah Luas segitiga berikut menggunakan Ms. Excel!
MENGHITUNG LUAS SEGITIGA
ALAS
TINGGI
LUAS SEGITIGA
6
9
10
16
5
10
Rumus:
Luas ∆ = 0,5*Alas*Tinggi
Misal: =0,5*B23*C23
3. Hitunglah rata-rata nilai kelas dibawah ini!
DAFTAR NILAI KELAS VII SMP MAJUTERUS
NAMA
IPA
IPS
MATEMATIKA
JUMLAH
RATA-RATA
KAMU
70
80
90
DIA
60
100
70
SAYA
80
90
100
ANDA
90
90
100
Rumus:
a. Jumlah
=SUM(A..,B..,C..)
Misal:=SUM(B31;C31;D31) atau =SUM(B31:D31)
b. Rata-rata
= AVERAGE(A..,B..,C..)
Misal: =AVERAGE(B32:C32:D32) atau =AVERAGE(B32:D32)
MICROSOFT EXCEL
TUGAS DI RUMAH
dikirim lewat email : tiksmaha@plasa.com
SOAL!
1. Buatlah grafik dengan menggunakan grafik kolom dari data-data dibawah ini menggunakan Ms. Excel!
DAFTAR NILAI SISWA SD MAJUTERUS
NILAI
Nilai100
Nilai95
Nilai90
Nilai85
Nilai80
Nilai75
JUMLAH
15
20
30
56
89
70
2. Hitunglah Luas Lingkaran berikut menggunakan Ms. Excel!
MENGHITUNG LUAS LINGKARAN
JARI-JARI (R)
LUAS LINGKARAN DENGAN 3, 14
LUAS LINGKARAN DENGAN PI
4
3
7
Rumus:
a. Dengan menggunakan 3.14
= 3.14*(R^2)
b. Dengan menggunakan PI
= PI()*(R^2)
3. Hitunglah rata-rata nilai kelas dibawah ini! Kemudian buatlah grafik kolom untuk melihat nilai siapa yang paling tinggi.
DAFTAR NILAI PESERTA PELATIHAN KOMPUTER
NAMA
Ms. Word
Ms. Excel
Flash
JUMLAH
RATA-RATA
PAKDE
50
80
50
BUDE
70
100
90
PAKLIK
90
60
70
BULIK
60
80
100
Rumus:
a. Jumlah
= Ms.Word+MsExcel+Flash
=SUM(A..,B..,C..)
b. Rata-rata
= AVERAGE(A..,B..,C..)
Mengenal Sel, baris, Kolom dan Range
Pastikan
Program Pengolah Angka Microsoft Excel seang kita jalankan. Jika belum,
silakan klik tombol Start | All Program | ms.Office | Ms. Office Excel
2003 atau Start | Program | Microsoft Excel.
Pada saat pertama
kali Workbook Excel dijalankan, Ms. Excel akan meng-aktifkan sebuah
Worksheet atau lembar kerja dengan nama Sheet 1 (bisa di lihat di bar
tab sheet di bawah, warna tab Sheet 1 berbeda dari dua sheet lainnya)
Perhatikan Formula Bar! Pada kotak Name Cells, tertulis A1.
Perhatikan juga header column A dan header row 1, ternyata warnanya berbeda dengan header lainnya. Ini artinya
header tersebut merupakan header yang aktif tempat pointer dan kursor berada untuk memunculkan data.
Perhatikan
juga kotak di bawah header column A dan di sebelah kanan header row 1,
ternyata garis hitam di sekeliling kotaknnya berbeda dari kotak lainnya,
lebih tebal, kan?
Ini berarti,
Kotak A1 yang merupakan
pertemuan dari kolom A dan baris k-1 merupakan kotak yang sedang aktif,
dimana nantinya apabila kita mengetikkan sebuah data, berupa angka atau
huruf , maka akan muncul di kotak aktif ini.
Selanjutnya, kotak ini kita sebut Sel atau dalam bahasa aslinya Cells.
Kotak yang lain pun dinamakan sel.
Karena Sel merupakan pertemuan dari sebuah kolom dan sebuah baris.
Maka,
kotak A1 tadi, seanjutnya, kita sebut sahja, Sel A1, yaitu sel yng
merupakan pertemuan baris ke-1 dan kolom A. Untuk memindahkan Sel dari
satu sel ke sel lainnya dalam lembar kerja, kita bisa menggunakan
cara-cara berikut:
1. Dengan Tombol Keyboard Contoh: Jika saat ini
sel berada pada Sel A1, maka jika kamu tekan tombol panah ke kanan di
keyboard, maka sel akan berpindah satu kotak ke sel A2.
2. Menggunakan Mouse.
Arahkan
pointer mouse ke salah satu sel, misalnya, arahkan pointer mouse ke sel
B3 yang merupakan pertemuan kolom B dan baris ke-3. lalu tepat di
tengah-tengah kotak sel B3, klik (klik tombol kiri) mouse.
Maka sekarang, langsung berpindah ke sel B3.
Sebenarnya,
banyak sekali cara-cara yang lain, bauk menggunakan tombol keyboard,
kombinasi tombol keyboard, seperti menggunakan kombinasi tombol CTR atau
Shift dengan panah, atau kombinasi tombol keyboard dengan mouse.
Insya Allah secara bertahap akan dijelaskan dalam posting berikutnya.... (kalau panjang umur, hehe....)
Tapi kalau kamu mau ikut menjelaskan cara-cara tersebut di sini... It's OK! Silakan tulis di komentar ya.....
Ohya...
Satu lagi, tentang Range.
Misalnya, Saya akan memblok atau menandai beberapa sel dengan mouse. dengan cara:
Klik
mouse di sel B2, tarik (drag) hingga ke sel E2, lalu masih menahan
mouse, tarik ke bawh hingga sel E8, kemudian lepaskan mouse, dan
hasilnya seperti illusrasi berikut: Coba lihat wilayah, sorry, Area yang
gelap dari mulai sel B3 sampai E8. Kalau kita perhatikan , area yang
kita blok atau kita tandai tadi terdiri dari sekumpulan sel yang
selanjutnya, kumpulan sel ini kita namakan Range.
Jadi... kesimpulannya....
Sel atau Cells, merupakan pertemuan antara kolom dan baris.
Kolom
atau Column, merupakan lajur yang memanjang secara vertikal dari mulai
header column sampai ke bawah, kalau tidak salah... (ya bener, lah..)
ada sekitar 256 kolom dari kolom A,B,C,.... sampai kolom IV)
Baris, atau Row, merupakan lajur yang memanjang horisontal dari mulai kepala baris sampai kekanannya. Ada 65536 baris, loh...
Sedangkan Range, merupakan kumpulan dari beberapa sel.
Blok
atau Mem-Blok, maksudnya, adalah menandai sesuatu sel, atau range, atau
teks, untuk selanjutnya kita bisa melakukan apasaja sesuai maksud kita,
misalnya mengubah huruf pada teks yang ditandai atau diblok, mewarnai
huruf, memberi garis tabel, dan lain sebagainya.
(Dalam
posting kali ini, saya menggunakan Microsoft Excel dalam Paket
Microsoft Office XP dengan OS Windows Server 2003 Standar Edition Jadi
mohon maaf kalau tampilannya agak berbeda dengan posting-posting Excel
sebelumnya. Tapi... sama saja, kok.. cuma tampilannya agak 'jadul'...
classic gitu...)
Contoh Pembuatan tabel Sederhana
Pastikan
Program Pengolah Angka Microsoft Excel sedang kita jalankan. Jika
belum, silakan klik tombol Start | All Program | Ms.Office | Ms. Office
Excel 2003 atau Start | Program | Microsoft Excel.
Kali ini, kita
akan mencoba belajar memasukkan data pada Program Ms.Excel, seperti
bagaiamana cara membuat sebuah tabel sederhana.
Contoh,
Kita akan membuat sebuah tabel seperti ini: Caranya:
1. Klik mouse pada sel A1, lalu ketik : Tabel Program Komputer
2.
Pindahkan sel dari A1 ke A2 (satu sel ke bawah) dengan menekan panah ke
bawah, atau tekan Enter sekali, atau klik Sel A2 dengan mouse, lalu
ketik No
3. Pindahkan sel dari A2 ke B2 (satu sel ke kanan) dengan
menekan panah ke kanan sekali, atau tekan tombol Tab sekali, atau klik
sel B2 dengan mouse, lalu ketik Nama Program
4. Pindahkan sel dari
B2 ke C2 (satu sel ke kanan) dengan menekan panah ke kanan sekali, atau
tekan tombol Tab sekali, atau klik sel C2 dengan mouse, lalu ketik
Fungsi 5. Klik sel A3, lalu ketik 1
6. Tekan Tab,dan pindah ke sel B3, lalu ketik Microsoft Word
7. Tekan Tab, dan pindah ke sel C3, lalu ketik Pengolah Kata
8. Klik sel A4, lalu ketik 2
9. tekan Tab, dan pindah ke sel B4, lalu ketik Microsoft Excel
10. tekan Tab, dan pindah ke sel C4, lalu ketik Pengolah Angka
Tekan Enter
Selesai.
Lihat hasilnya seperti ini: Selanjutnya, kita coba atur Tabel kita menjadi tampilan yang lebih baik.
MENGATUR LEBAR KOLOM
Kolom untuk No seharusnya lebih kecil. Maka, kita perkecil!
Caranya:
Arahkan pointer Mouse diantara kepala kolom A dan B, lalu klik, dan
sambil ditahan, gusur mouse ke arah kiri sampai kolom A diperkecil,
sesuai kebutuhan. Lakukan pada kolom B dan C, tetapi sekarang,
kebalikannya, untuk memperlebar kedua kolom tersebut seperlunya, lakukan
dengan cara Click and Drag ( Tarik dan Gusur).
Dan hasilnya sementara akan terlihat seperti ini:
Seterusnya, kita atur perataan teks dalam Tabel
MENGATUR PERATAAN TEXT PADA TABEL
dengan Ikon Left, Center, dan Right pada toolbar Formatting.
Left, untuk membuat teks rata di kiri
Center, untuk membaut teks berada di tengah
Right, untuk membuat teks rata kanan.
Sekarang...,
Klik sel A2 atau No, lalu tekan tombol Center pada formatting bar.
Lakukan pada sel A3, A4, B2 dan C2
Jika bisa, lakukan dengan cara di blok, apabila ingin melakukananya sekaligus, pada sel yang berdekatan dengan format yang sama.
misalnya kita bisa memblok sel A3 dan A4 baru meng-klik tombol Center
atau kita blok sel B2 dan C2, baru kita klik tombol Center.
Setelah
selesai, hasilnya, kira kira seperti ini: Jadi, yang baru saja kita
lakukan adalah membuat Kolom No dan Kepala Tabel dari Mulai No, nama
Program dan Fungsi menjadi rata tengah.
Sekarang, kita
coba tebalkan Kepala Tabel dengan tombol Bold pada Formatting Bar.
Tombol ini berfungsi untuk menebalkan Teks. Untuk mengembalikan ke
semula, klik lagi tombol Bold ini.
Kita coba....
Blok sel A2 sampai C2.
Belum tahu cara nge-blok atau menandai teks?
Klik di sel A2, sambil menahan mouse, tarik sampai ke sel C2, baru lepaskan.
Hasilnya Range A2:C2 akan lebih gelap warnanya.
Artinya,
sel di area ini sedang ditandai atau di-blok, untuk selanjutnya, kita
bisa melakukan format apapun dalam area yang ter-tandai atau ter-blok
ini.
Seperti sekarang, yang akan kita lakukan adalah menebalkan tulisan dalam sel yang baru saja kita blok.
Maka,
setelah sela A2:C2 kita blok, lalu kita klik tombol atau bold, lalu
klik mouse ke tempat lain, untuk melihat hasilnya lebih jelas, seperti
ini.
Selanjutnya,
MEMBERI GARIS TABEL
Oh ya.
Garis-garis yang muncul dalam microsoft Excel sebenarnay bukan garis
asli dari tabel kita. Ini yang dinamakan gridlines. hanya sebatas garis
bantu.
Jadi kalau tabel kita ingin ada garisnya, maka kita harus memberinya Border atau garis.
Caranya, bisa menggunakan ikon Borders pada toolbar formatting.
Kita coba
Blok sel A2 sampai C4
Caranya:
Klik pada sel A2, tarik ke arah sel C2 sambil tetsap menahan mouse,
lalu lanjutkan menariknya ke sel C4, baru lepaskan klik mouse.
Ini
yang dinamakan mem-blok sel (memang perlu dijelasin berulang-ulang,
kan, supaya tambah ngertiiii....OK?) Setelah Range dari Tabel kita
ter-blok, atau ditandai, lalu klik panah drop down di sebelah kanan
Tombol Borders terletak pada toolbar Formatting, untuk memilih tipe
garis, lalu pilih dan klik pada pilihan All Borders.
Hingga hasilnya seperti ini:
Mengatur Judul Tabel
Judul Tabel kita adalah Tabel Program Komputer
Atur menjadi rata di tengah
Rata di tengah di sini, harus mengacu pada jumlah kolom tabel yang kita gunakan.
Jadi harus berada di tengah-tengah dari tiga kolom tabel tersebut.
Caranya:
Blok Judul dari Sel A1 sampai Sel C1
Kemudian tekan tombol gabung (Merge & Center) pada toolbar formatting
Hasilnya akan seperti ini: Wuihhh....
Capek juga nih...
Sebenarnya,
kita bisa memanfaatkan fasilitas Format Cells untuk Editing Tabel dan
Teks, selain dari toolbar-toolbar yang ada di bagian atas layar Excel.
Insya Allah kedepannya kalau ada umur, kita bahas dalam posting tersendiri.
Btw... sebenarnya ada cara simple mem-format Table.
Yaitu dengan memanfaatkan Fitur Table Autoformat
Caranya:
Blok Tabel kita,
kemudian klik menu Format
Lalu
pilih dan Klik Autoformat Pada kotak dialog Tabel Autoformat, pilih
salah satu model tabel, misalnya Colorfull1, kamu bisa pilih berbagai
model lain dengan menarik scroll yang ada di sebelah kirinya. Klik
tombol OK atau Double Click, dan hasilnya akan terlihat tabel seperti
ini.... Lumayan, kan hasilnya?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar